TIRAKAT POSO

 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

TIRAKAT POSO

"Gemblengan hidup" yang kita jalani selama ini justru adalah sarana untuk menguatkan diri. Halangan dan rintangan bukan hadir untuk melemahkan, tapi justru menjadi ajang latihan kehidupan agar kita menjadi insan luar biasa yang mampu menciptakan sukses di sana-sini.

Dan, kini, gemblengen itu dihadirkan dalam sebuah rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan bagi umat Islam. Saat itu, gemblengen puasa menahan diri tidak makan dan minum dari Subuh hingga Magrib akan jadi ujian fisik yang akan mengantarkan pada penguatan mentalitas dalam diri. Sebab, saat menahan lapar dan haus itulah, godaan-godaan duniawi seolah selalu menanti. Dan, ketahanan diri untuk menahan hawa nafsu duniawi itulah yang akan semakin menguatkan iman dan sekaligus menambah kekayaan mentalitas saudara-saudaraku umat Islam.

Begitu juga dalam agama lain. Sebenarnya, puasa juga dikenal dalam berbagai bentuk. Misalnya untuk umat Kristiani, biasanya ada puasa menjelang hari Paskah. Atau, untuk umat Buddha ada puasa yang dikenal sebagai attasila. Semuanya sebenarnya bermuara pada satu hal, pengendalian diri dan meningkatkan kedekatan pada Sang Pencipta. Dan, ini sebenarnya hanyalah satu dari sekian banyak sarana kita untuk “keras” pada diri sendiri atau untuk “tidak mengasihani diri sendiri”.

Dalam tradisi masyarakat Jawa sendiri, ada beberapa bentuk tirakat, seperti poso mutih, yakni puasa hanya dengan makan dan minum serba putih, poso pati geni atau puasa sehari semalam tanpa menyentuh makan dan minum serta berhubungan dengan duniawi. Kesemua akar "tirakat poso" itu tadi bermuara pada satu hal yang hampir senada, yakni pencapaian kendali atas diri untuk meningkatkan kesadaran bahwa kitalah yang mengendalikan diri, bukan nafsu, bukan emosi, bukan pula pengaruh kekuatan lain di luar diri.

 AGEN IDR


Sebab, tanpa disadari, masih banyak tindakan dan kelakuan kita yang justru banyak dipengaruhi oleh kekuatan di luar diri. Sedikit diprovokasi, kita langsung gampang terbakar emosi. Sedikit saja senggolan, sudah terjadi kerusuhan. Bahkan, hanya sekadar lirikan, bisa berujung pada perkelahian.

Padahal, jika kita benar-benar menyadari bahwa kita memegang penuh kendali atas diri sendiri, maka kita pasti tak akan perlu membuang-buang energi secara percuma.
- Daripada sibuk memikirkan kritikan orang lain, kita justru bisa mengubah kritikan itu jadi pelajaran untuk perbaikan.
- Daripada terbebani mengapa orang lebih sukses dari kita, dengan kendali diri kita akan lebih mampu mengambil pelajaran sukses dari orang tersebut untuk mencapai sukses yang sama atau bahkan lebih.
- Daripada sibuk memikirkan kenaikan harga yang menjulang, lebih baik kita menahan untuk lebih bijak mengonsumsi barang sehingga bisa berhemat di sana sini.
- Daripada memikirkan mengapa belum terjadi perubahan besar di lingkungan kita, lebih baik kita mencari solusi mulai dari dalam diri untuk melakukan yang terbaik pada bidang yang kita geluti saat ini.

Begitulah, tirakat poso mengajarkan banyak hal tentang pemaknaan dalam diri. Karena itu, selepas puasa nanti, atau selepas tirakat apa pun yang kita jalani, ada baiknya kita untuk meneruskan setiap hari untuk tirakat. Menjadikannya sebagai budaya untuk mengendalikan nafsu duniawi, menjadikannya kekuatan untuk makin mampu mengontrol diri sendiri.

Terakhir, saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa untuk saudara-saudaraku umat Islam. Semoga, ibadah yang dijalankan, akan makin menanamkan kekayaan mental sebenarnya. Serta semakin membawa kedamaian dan kesejukan toleransi bagi negeri kita.

                     &&&&&&&&&&

 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ
Tempat bermain poker online dan domino99 online paling besar di Indonesia. 
Selain menjadi pemain, anda juga dapat menjadi bandar melawan pemain lain di permainan BandarQ dan Bandar Poker
DAFTAR SEKARANG dan mainkan 4 permainan populer tahun ini. Minimal pengisian chips ke akun hanya Rp 10.000 di Romeopoker. 
Dapatkan juga jackpot di permainan Poker, Domino99 dan Bandar Poker.
 Texas Poker, Domino99, BandarQ dan Bandar Poker.
Kami dapat dihubungi 24 jam di :
Livechat : www.romeopoker.com
BBM : D1BC1787

Line : 188ROMEOPOKER

Comments

Popular posts from this blog

5 POLA PIKIR PEMENANG (LERES, LARAS, LIRIS, LURUS, LARIS)

5 FAKTA PENTING TENTANG ANGSA

AIR MATA