BERJAGA DAN WASPADA DALAM MENGHADAPI UJIAN KEHIDUPAN

 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ


BERJAGA DAN WASPADA DALAM MENGHADAPI UJIAN KEHIDUPAN

Apa jadinya kalau kita merasa sedang “terancam” oleh sesuatu hal? Yang paling sering terjadi adalah kita segera bereaksi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan itu terjadi. Kalau di lingkungan rumah, biasanya kita akan melakukan siskamling atau membayar satpam. Kalau sedang musim sakit—flu misalnya—kita pun bisa mencegahnya dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta banyak minum vitamin. Kalau kondisi ekonomi yang sedang bermasalah, biasanya kita akan melihat “kerumunan” orang yang menimbun stok barang yang dianggap akan jadi prioritas untuk “menyelamatkan” hidupnya.

Semua itu terjadi karena pada dasarnya orang cenderung berpikir “preventif”. Alias, berpikir mencegah lebih baik daripada terjadi hal yang tidak diingini. Kondisi preventif ini, sebenarnya menjadi “karakter” dasar bagi setiap orang. Itulah mengapa, banyak orang yang kadang berusaha mati-matian untuk melakukan hal yang dirasa dapat mencegah kondisi yang tidak diharapkan. Termasuk, soal mencari rezeki. Orang yang berusaha keras dalam mengupayakan hidup lebih baik, sebenarnya juga sedang “mencegah” agar dirinya tak lagi menderita.

Bentuk preventif bagi tiap orang memang bisa jadi berbeda-beda. Ada yang alamiah, misalnya orangtua melindungi anak-anaknya dengan memberikan pendidikan terbaik. Namun, ada juga preventif yang cenderung negatif dan dibuat-buat. Apalagi, kalau sudah menyangkut kedudukan dan jabatan. Tak jarang, orang berusaha “menjaga” posisinya dengan cara-cara yang kurang benar. Tentu, berjaga-jaga yang seperti ini, tak perlu kita jadikan teladan.

Dalam peribahasa yang sering kita dengar, sedia payung sebelum hujan, sebenarnya itu merupakan bentuk “insting” tiap manusia agar dirinya selalu siap dalam kondisi apa pun. Dalam bahasa Jawa, saya dulu sering mendengar ungkapan jogo-jogo, yang arti harfiahnya "berjaga-jaga". Parine diawet-awet, suk nggo jogo-jogo yen musim pageblug; padinya dihemat-hemat, untuk berjaga-jaga kalau besok datang musim susah pangan. Begitu ungkapan yang sering terdengar zaman dulu, apalagi zaman susah ketika masa penjajahan atau masa di mana makanan memang lebih sulit didapatkan.

Dalam ungkapan-ungkapan tersebut, sebenarnya “tersembunyi” nada kewaspadaan, yakni agar pada saat terjadi kondisi yang tak diinginkan, kita sudah siap menyambutnya.

 AGEN IDR

Hidup Itu Seimbang

Dalam konteks kekinian, sebenarnya konsep berjaga-jaga ini sangat bermanfaat dalam menghadapi berbagai ujian dan tantangan kehidupan. Sebab, kalau kita mengerti “rumus” hidup, yakni ada keseimbangan—kalau ada sukses, pasti ada gagal; kalau ada mudah, pasti ada  sulit—sifat berjaga ini dapat mengajarkan kita untuk selalu waspada, yang juga sekaligus dibarengi kepasrahan yang mendalam. Artinya, kalaukejadian yang tidak diinginkan benar terjadi, kita sudah bisa menyiapkan mental dan pikiran, bagaimana harus bersikap. Pun demikian kalaukejadian tersebut tak terjadi, kita pun tetap siap selalu berjaga-jaga, karena suatu saat, ujian pasti tetap akan tiba. Dengan pengertian tersebut, saat sukses, kita tak akan tinggi hati. Begitu pun kalau gagal, kita tak akan rendah diri. Sebab, mentalitas kita selalu siap berjaga-jaga dalam menghadapi berbagai macam kondisi.

Sekali lagi, kita sebenarnya sudah dibekali dengan sifat preventif yang membuat kita bisa selalu berjaga-jaga dalam berbagai kondisi. Tinggal, bagaimana kita memunculkan sifat tersebut menjadi “bekal” mental, yang membuat kita tahan dalam menghadapi berbagai goncangan kehidupan.

Mari, kita biasakan diri untuk selalu waspada dan berjaga. Sehingga, apa pun kondisi yang menanti, kita siap menghadapi. 

Salam Semangat...!!!

                       &&&&&&&&&

 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ
Tempat bermain poker online dan domino99 online paling besar di Indonesia. 
Selain menjadi pemain, anda juga dapat menjadi bandar melawan pemain lain di permainan BandarQ dan Bandar Poker
DAFTAR SEKARANG dan mainkan 4 permainan populer tahun ini. Minimal pengisian chips ke akun hanya Rp 10.000 di Romeopoker. 
Dapatkan juga jackpot di permainan Poker, Domino99 dan Bandar Poker.
 Texas Poker, Domino99, BandarQ dan Bandar Poker.
Kami dapat dihubungi 24 jam di :
Livechat : www.romeopoker.com
BBM : D1BC1787

Line : 188ROMEOPOKER


Comments

Popular posts from this blog

5 POLA PIKIR PEMENANG (LERES, LARAS, LIRIS, LURUS, LARIS)

5 FAKTA PENTING TENTANG ANGSA

AIR MATA