KERJASAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA



 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

KERJASAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA


Pada dunia bisnis, kompetisi adalah sebuah hal yang biasa terjadi. Tak jarang, banyak yang kemudian menggunakan segala cara untuk menjadi sang pemenang.

Terkadang cara kurang baik pun ditempuh demi meraih tujuan sesaat. Salah satunya dengan ”perang” pencitraan di media. Saat sebuah produk beriklan di media massa, sang kompetitor dengan caranya sendiri segera membuat iklan tandingan yang kadang terasa sangat menohok. Akibatnya, yang terjadi adalah perang di media yang tak ada ujungnya.

Namun, pada era yang semakin terbuka, di mana kemajuan teknologi informasi makin mendominasi, sepertinya era kompetisi semacam itu makin terkikis. Bukannya tidak terjadi lagi, tapi kini jauh lebih efektif membesarkan usaha dengan cara kolaborasi dibanding kompetisi. Daripada ”berdarah-darah” saling bersaing tanpa ujung, perusahaan dengan usaha sejenis, atau perusahaan yang bisa saling melengkapi, kini banyak yang memilih untuk bersatu dan bekerja sama.

Perpaduan

Saya jadi teringat sebuah ungkapan yang dulu pernah terlontar dari salah satu rekan pengusaha. ”Kalau kompetisi hanya mengakibatkan buang-buang biaya, mengapa tidak diajak kolaborasi saja?” Sepertinya mudah. Tapi, kolaborasi semacam itu, apa pun istilahnya, mulai merger, akuisisi, hingga kerja sama antarlini usaha, butuh ketetapan hati dan kejelian untuk meraih hasil maksimal.

Apalagi, kalau kerja sama dianggap menguntungkan satu pihak saja. Bisa jadi niat kolaborasi malah berujung kembali pada kompetisi, bahkan malah menjadijadi. Karena itu, dalam bekerja sama antarperusahaan, perlu pikiran jernih, visi ke depan yang jelas, hingga kemampuan bersinergi satu sama lain.

Ada sebuah ungkapan bahasa Tiongkok yang saya kira bisa menjadi pegangan, yang saya jadikan judul artikel ini, yaitu "bersatu hati, bekerja sama". Dalam konteks ungkapan tersebut, yang bersatu bukan hanya fisik, tapi juga hati atau kesamaan visi dan misi. Makin padu padan pandangan dan pikiran tentang masa depan yang sama, biasanya kolaborasi akan berjalan lebih maksimal.

Sebaliknya, jika ada sebuah ganjalan, apa pun bentuknya, jika tidak diwaspadai bisa jadi kolaborasi malah berujung pada kematian usaha lebih dini. Kolaborasi yang dilakukan dengan ketetapan hati untuk maju bersama sering kali juga menjadi sebuah solusi untuk meraih keberhasilan yang lebih cepat.


Lihatlah apa yang dilakukan beberapa raksasa teknologi informasi di dunia, Facebook, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm, dan Samsung yang berkolaborasi membuat Internet.Org pada 2013. Ini semacam kegiatan corporate social responsibility beberapa perusahaan besar tersebut untuk menyediakan akses internet yang lebih terjangkau bagi masyarakat dunia. Organisasi bentukan mereka ini bertujuan mengusahakan dua pertiga bagian populasi dunia yang belum terkoneksi agar bisa terjangkau jaringan internet dan memberikan peluang yang sama seperti mereka yang telah menikmati akses internet untuk mendapat akses lebih baik.

Secara nilai kompetitif, beberapa perusahaan tersebut bersaing, baik langsung maupun tidak. Namun, dengan kolaborasi yang mereka lakukan melalui proyek Internet.Orang tersebut sejatinya mereka juga sedang bekerja sama untuk meraih keberhasilan di bidangnya masing-masing. Bayangkan, dengan akses internet yang makin meluas, bisnis semua perusahaan berbasis teknologi informasi tersebut sudah pasti mendapat dampak positif, terlepas dari persaingan, langsung dan tak langsung, di antara mereka.

Di Indonesia sendiri, kolaborasi semacam itu kerap tampak di beberapa asosiasi, mulai asosiasi pengusaha properti, ritel, otomotif, hingga transportasi. Berbagai merek yang dalam kondisi normal akan saling bersaing merebut konsumennya masing-masing, tapi dalam asosiasi yang melindungi berbagai kepentingan mereka, semua merek tersebut akan bersatu.

Apalagi, jika menyangkut kebijakan yang akan berdampak pada usaha mereka. Kesatuan kepentingan dan kesamaan visi untuk keberhasilan usaha bersama akan menjadikan kolaborasi dan kerja sama saling menguntungkan menyatukan banyak pihak.

The Cup of Wisdom

Dengan perpaduan yang saling memahami, saling mengerti, dan saling mengilhami, sebuah usaha akan jauh lebih berkembang. Tentu, butuh sinergi untuk saling terbuka satu sama lain sehingga kerja sama benar-benar melahirkan kesatuan dari hati.

Perlu komunikasi intens dan jauh dari rasa saling curiga satu sama lain. Butuh pengertian mendalam bahwa kerja sama memang dibuat bukan untuk menjatuhkan, tapi untuk saling menguatkan. Dengan begitu, bersatu hati bekerja sama bukan sekadar slogan semata. Namun, akan melahirkan kerja sama untuk kebaikan pada semua pihak.

Salam Semangat...!!!

                         &&&&&&&&&&
 ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ
Tempat bermain poker online dan domino99 online paling besar di Indonesia. 
Selain menjadi pemain, anda juga dapat menjadi bandar melawan pemain lain di permainan BandarQ dan Bandar Poker

DAFTAR SEKARANG dan mainkan 4 permainan populer tahun ini. Minimal pengisian chips ke akun hanya Rp 10.000 di Romeopoker. 
Dapatkan juga jackpot di permainan Poker, Domino99 dan Bandar Poker.

 Texas Poker, Domino99, BandarQ dan Bandar Poker.

Kami dapat dihubungi 24 jam di :
Livechat : www.romeopoker.com
BBM : D1BC1787
Line : 188ROMEOPOKER

Yahoo Messenger : csromeopoker

Comments

Popular posts from this blog

5 POLA PIKIR PEMENANG (LERES, LARAS, LIRIS, LURUS, LARIS)

5 FAKTA PENTING TENTANG ANGSA

AIR MATA